Intel Akhirnya Resmi Memperkenalkan Prosesor Desktop Core Generasi ke-8

Posted on

Beez Techno – Setelah memperkenalkan seri prosesor Core i Generasi ke-8 untuk notebook baru pada bulan lalu, kini Intel telah meresmikan chip prosesor Core i Generasi ke-8 yang ditujukan untuk desktop.  Lini prosesor tersebut nantinya akan mencakup tiga seri yakni Core i3, Core i5, dan Core i7.

Chip prosesor baru ini kabarnya dikelompokkan sebagai bagian dari keluarga Coffee Lake, yang notabanenya adalah sebagai penerus dari generasi sebelumnya yakni Kaby lake. Dibandingkan dengan seri prosesor Intel Core i generasi sebelumnya, Intel Coffee Lake dinyatakan mempunyai keunggulan pada jumlah Core yang meningkat drastis.

Dari enam chip desktop baru yang diumumkan Intel, setiap serinya memiliki dua varian yang berbeda. Prosesor Core i3 (entry-level) yakni Core i3 8350K dan 8100 memiliki empat core fisik tanpa Hyper-Threading. Sedangkan prosesor Core i5 (mid-range) Core i5 8600K dan 8400 yang baru juga memiliki enam core namun tanpa Hyper-Threading. Yang terakhir ada prosesor Core i7-8700K dan Core i7-8700 yang baru memiliki enam core dengan dukungan dua belas Hyper-Threading.

Anand Srivatsa, General Manager dari Grup Platform Deskop di Intel mengatakan dari keenam chip desktop baru tersebut yang menjadi penawaran andalannya adalah Core i7-8700K, yang dikatakan sebagai prosesor gaming terbaik.

Ia juga mengatakan, “gamer akan mendapatkan frame rate lebih tinggi 25 persen ketika memainkan Gears of War 4 bila dibandingkan chip Intel Core i Generasi ke-7”.

Pesanan untuk chip desktop Core baru Intel ini akan dimulai pada 5 Oktober 2017. Harga setiap serinya pun cukup mengesankan, yang diketahui mulai dari USD 117 (sekitar Rp 1,5 juta) untuk Core i3-8100 3,6 GHz, hingga USD 359 (atau seharga Rp 4,8 juta) untuk Core i7-8700K 3,8 GHz.

Related Post